MEMILH BAHAN YANG TEPAT BERKUALITAS UNTUK RUMAHMU

Memiliki rumah merupakan keinginan hampir semua orang. Untuk memiliki sebuah rumah pastinya membutuhkan dana yang tidak kecil dan juga waktu yang lama. Nah pastinya Anda menginginkan rumah yang bisa bertahan dalam waktu yang lama bukan?. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan bahan bangunan yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah impian Anda. Bahan bangunan akan memengaruhi kualitas bangunan rumah Anda, jadi pastikan Anda memilih bahan bangunan yang terbaik untuk rumah Anda. Berikut ini beberapa tips memilih bahan bangunan yang cocok untuk rumah impian Anda agar menjadi awet dan kokoh :
 

  1. Pasir


Pasir merupakan bahan campuran untuk semen. Pasir yang berkualitas bagus yaitu memiliki kandungan lumpur yang kurang dari 5%. Lumpur yang terkandung pada pasir akan membuat ikatan pasir dan semen menjadi tidak kuat.
Menandai pasir yang memiliki kualitas bagus caranya cukup mudah, cobalah ambil segenggam pasir dan genggamkan dengan kuat. Pasir yang bagus tidak akan menggumpal jika digenggam dan terasa tajam pada telapak tangan.. Pasir yang bagus berasal dari danau atau sungai yang bagian hulunya berada di puncak gunung berapi. Karena pasir tersebut merupakan material vulkanik hasil erupsi gunung berapi. Pada musim hujan,pasir dari gunung berapi akan turun bersama aliran air. Oleh karena itu, pada musim hujan cukup mudah untuk mendapatkan pasir yang bersih dan berkualitas bagus.
 

  1. Batu


Batu merupakan bahan bangunan yang sering digunakan untuk pondasi. Jenis batu yang bagus untuk pondasi adalah batu belah. Batu belah adalah hasil pemecahan dari batu bulat yang besar. Batu belah ada dua jenis yaitu batu putih kecoklatan dan batu hitam. Batu belah didapati pada daerah sekitar gunung berapi yang masih aktif atau perbukitan.
Bentuknya yang belahan membuat batu belah mudah mencengkeram kuat satu dengan yang lainnya, sehingga batu belah ini sangat cocok untuk pondasi rumah. Jika Anda menggunakan batu bulat untuk pondasi maka daya cengkram batu belah sangat rendah karena bentuknya bulat.
 

  1. Besi Beton


Besi beton ini digunakan untuk bangunan bertegangan tinggi, seperti rumah atau bangunan yang bertingkat. Jika Anda menggunakan besi beton pastikan bahan tersebut sudah memiliki SNI (Standart Nasional Indonesia), karena sudah pasti ukurannya valid dan tidak ada toleransi minimal. Contoh batu beton yang memilik SNI adalah Cakratunggal Steel, Krakatau Steel.
 

  1. Batu bata


Batu bata merupakan bahan bangunan yang sering digunakan sebagai bahan pagar, tembok dan sebagainya. Batu bata yang sering digunakan adalah batu bata dari tanah liat, kemudian dibakar sampai warnanya kecoklatan. Batu bata lebih mudah didapatkan dipasaran, murah dan kuat  sehingga banyak orang menggunakan batu bata.
Menandai batu bata yang berkualitas cukup mudah yaitu ketuk-ketuk permukaan batu bata jika terdengar nyaring maka kualitasnya bagus. Serta batu bata yang bagus memiliki pori-pori yang padat dan terasa ringan jika diangkat.
 

  1. Genteng


Genteng merupakan bahan bangunan yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam bangunan, melindungi dari terik matahari, hujan dan kotoran. Adapun macam-macam genteng adalah genteng beton, genteng tradisonal yang terbuat dari tanah liat, genteng keramik, genteng metal dan sebagainya. Genteng yang paling banyak digunakan adalah genteng keramik, karena suhu proses pembakarannya sangat tinggi yaitu 1.1000C membuat genteng keramik memiliki daya tahan yang tinggi.
Menandai genteng keramik yang berkualitas cukup mudah yaitu, jika diketuk genteng keramik akan terdengar nyaring, tidak ada retakan pada permukaan genteng keramik. Jika Anda menggunakan genteng keramik berwarna, pilihlah genteng keramik dengan pewarna glazur. Karena pewarna glazur menghasilkan warna yang lebih tahan lama.
 

  1. Keramik


Keramik memiliki banyak motif, warna, ukuran dan tekstur. Selain sebagai bahan bangunan, keramik juga digunakan sebagai hiasan untuk rumah agar terlihat lebih indah. Untuk area dalam rumah sebaiknya Anda memilih keramik yang permukaannya halus dan mengkilap.  Sedangkan ruangan yang cenderung licin, seperti kamar mandi, maka pilihlah keramik yang memiliki permukaan kasar.
Berikut ciri-ciri keramik yang memiliki kualitas yang bagus yaitu bobot keramik cukup berat saat diangkat hal ini menandakan bahwa kepadatan dan kekuatan yang dimiliki keramik baik, tahan terhadap goresan dan tidak ada bekas ketika diusap menggunakan jari, serta memiliki ukuran yang presisi. Karena ukuran keramik yang presisi memengaruhi proses pemasangan sehingga lebih cepat dan nampak rapi.
Demikianlah penjelasan mengenai tips memilih bahan bangunan agar rumahmu kokoh dan berkualitas. Pemilihan bahan bangunan memang membutuhkan kecermatan dan waktu yang lama, tapi hal tersebut akan membuat Anda puas dengan hasilnya.
Bagi Anda yang masih ragu tentang kualitas bahan bangunan yang dijual dipasaran serta masih bingung tukang yang cocok untuk pembuatan rumah Anda. Anda dapat mengunjungi website www.tukangmalang.com. Karena tukangmalang.com melayani berbagai kebutuhan rumah kalian. Mulai dari segala perbaikan kerusakan pada rumah, renovasi rumah atau bangunan, alat dan kebutuhan perabotan atau furniture yang kalian butuhkan sampai pembangunan rumah yang Anda impikan. tukangmalang.com juga menyediakan jasa custom perabot atau furniture sehingga kalian bisa pesan custom sesuai selera kalian.
Kalian tidak perlu khawatir lagi soal kualitas dari tukangmalang.com karena tukangmalang.com memiliki tukang yang ahli pada bidangnya dan professional, menggunakan bahan bangunan yang berkualitas.  Serta tukangmalang.com memberikan masa retensi atau garansi untuk pekerjaan yang sudah selesai.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima Kasih dan jangan lupa kunjungi website www.tukangmalang.com
“Tukang datang keluarga tenang..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *